| |

Inclusive Leadership

Hai, aku Jennifer dari kelas VII-5/10. Aku bersyukur karena telah mengikuti SLC yang bertema ‘Inclusive Leadership’. Di dalam kegiatan SLC, aku dan teman-teman belajar tentang kepemimpinan, tetapi tidak hanya itu saja lho! Aku dan teman-teman juga belajar tentang menghargai perbedaan, menghadapi kekurangan kita, cara berorganisasi yang benar, cara mengembangkan kelebihan yang kita miliki, dan masih banyak lagi!

26030362 abstract colorful background splash watercolor background illustration copy

26030362 abstract colorful background splash watercolor background illustratioon

Pada pagi hari, Kami calon OSIS dan PD dari Petra 3 maupun dari Petra 1 berangkat dari sekolah kita masing-masing menuju UTC Trawas yang merupakan kampus ke-tiga UBAYA. aku dan teman-teman tidak sabar untuk melakukan kegiatan kegiatan yang sudah disiapkan panitia untuk kita. Pada saat di bus, aku dan teman-temanku asyik berbincang dan bercanda. Saat aku sedang melihat pemandangan lewat jendela, tiba-tiba Ko Dave bilang ; “Habis gini sampai, Guys!” ah gak terasa sudah sampai. Setelah turun dari bus, kami berjalan kira-kira 2 kilometer, rasanya lumayan capek! tapi setelah sampai ditujuan, rasa capeknya terbayar karena disuguhi oleh pemandangan yang memanjakan mata. Setelah itu, kami pun mengikuti kegiatan-kegiatan yang seru sambil berkenalan dengan teman-teman SMP Petra 1. Pada hari pertama adalah kegiatan outbound dan lintas alam. Kegiatannya seru sekali, saat outbound aku dan kelompok bermain permainan yang menandung nilai tentang kepemimpinan, permainan yang paling disukai kelompokku adalah Leadersheep. Dalam permainan itu ada satu orang pemimpin dan beberapa anggota alias sheep-nya, permainannya cukup mudah, kita diminta untuk mengikuti instruksi dari pemimpin, namun tidak hanya itu saja, dalam permainan ini kita sekelompok harus masuk ke satu hulahoop yang kecil sekali dengan mata tertutup. Karena kerjasama tim yang luar biasa pada akhirnyanya kita dapat menyelesaikan permainan tersebut dengan baik. Selanjutnya, lintas alam nih! Banyak banget nih yang takut lintas alam, kaya ekspetasi kita itu tinggi banget soal hal-hal yang akan muncul di lintas alam. Tapi ternyataaaa, lintas alam itu beda banget sama ekspetasi kita, lintas alam tenyata seru banget dan gak nakutin!

Pada hari kedua kita kedatangan tamu spesial nih! Tamu spesialnya adalah Bapak Hakim dari Gusdurian dan Bapak Pendeta Gideon. Mereka sama-sama menyampaikan tentang perbedaan. Tenyata, salah satu kunci untuk menjadi seorang pemimpin adalah menghargai perbedaan. Kita sebagai pemimpin harus menghargai perbedaan yang ada di bangsa kita. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki beribu-ribu suku, kita harus bisa menghargai dan menghormati perbedaan. Yang paling aku ingat adalah kata dari Bapak Hakim “Yang beda jangan disama-samakan, yang sama jangan dibeda-bedakan”. Pada bagian yang Yang beda jangan disama-samakan maksudnya adalah kita tidak boleh memaksakan kehendak kita. Sedangkan Yang sama jangan dibeda-bedakan maksudnya adalah kita semua bangsa Indonesia, kita tidak boleh saling membeda-bedakan satu sama lain. Nah, yang terakhir hari ketiga nih! Kami sedih banget karena harus berpisah sama temen-temen Petra 1 tapi juga senang karena kita semua kangen teman-teman kita yang ada disekolah. Sebelum pulang, aku diajak ke argowisata milik UBAYA. Disitu kita belajar tentang pembudidayaan lele, tanaman hiddan segala manfaatnya, pokonya banyak banget deh! Setelah selesai belajar, kami pun kembali ke sekolah tersayang kita.

Oleh.
Jennifer Grace Santoso VII.5

boost the values reap the success