| |

Simulasi PTM (Pembelajaran Tatap Muka)

simulasiptm.png
 

Pandemi Ini Tak Menghalangiku Untuk Merayakan Kemerdekaanmu...

hut_ri_76.png
 

“How To Be Creative Parents to Build The Children’s Independence
During Online Study”

Kemandirian sangat penting dalam kehidupan seseorang, karena dengan kemandirian anak bisa menjadi lebih bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhannya serta menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Seorang anak yang memiliki rasa kemandirian akan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan serta keadaan lingkungan anak itu sendiri dan dapat mengatasi kesulitan yang terjadi. Anak yang mandiri khususnya dalam belajar cenderung berprestasi karena dalam menyelesaikan tugas-tugasnya anak tidak lagi tergantung kepada orang lain. Sehingga anak lebih bisa percaya diri dengan kemampuannya. Orang tua diharapkan bisa memberikan kesempatan pada anak agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, belajar mengambil inisiatif, mengambil keputusan mengenai apa yang ingin dilakukan dan belajar mempertanggung jawabkan segala perbuatannya. Orangtua perlu memberi kesempatan pada anak untuk terus berlatih agar bisa membentuk anak menjadi pribadi yang mandiri. Di samping memberi kesempatan untuk mencoba, anak juga harus diberikan kesempatan untuk memilih, untuk itu diperlukan komunikasi yang efektif. Tidak semua orang tua dapat mendampingi putra/putrinya ketika sedang belajar di rumah karena orang tua harus bekerja. Sebagian siswa sudah mampu mengikuti pembelajaran daring dengan baik namun sebagian siswa masih belum dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik, misalnya saat zoom mereka membuka aplikasi sosial media lain, game online sehingga mereka tidak fokus bahkan beberapa siswa yang mengabaikan tugas dan kurang mandiri dalam menyelesaikannya. Menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini, muncul kekhawatiran jika siswa tidak dapat secara mandiri mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya, selain itu tidak sedikit orang tua yang
mengalami masalah finansial akibat pandemi, sehinggga berpengaruh pada emosi orang tua terhadap anak, suasana rumah menjadi tidak nyaman karena sering terjadi perselisihan. Selain itu, orang tua diharapkan dapat membantu menciptakan suasana dan situasi belajar di rumah yang mendukung para siswa untuk bisa belajar dengan tertib, tenang, dan nyaman. Melalui Parenting Siswa Bermasalah kelas VII, VIII dan IX diharapkan ada kerja sama dari pihak sekolah serta orang tua saling
berkomunikasi dan mendukung untuk kebaikan putra-putrinya di masa pembelajaran daring ini.

parenting_171021png.png
 

Develop Your Child’s Potential

Kegiatan Parenting Siswa kelas VII, VIII dan IX dengan tema ''Develop Your Child’s Potential” SMP Kristen Petra 3 telah terlaksana dengan cukup baik.
Kegiatan webinar parenting ini membantu orang tua untuk dapat memahami dan menemukan potensi yang ada dalam diri putra-putrinya. Orang tua perlu memahami potensi yang di milikinya oleh putra-putrinya dengan cara menemukan, menuntun, dan mengembangkan potensi yang ada sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dirinya. Selain itu orang tua juga dapat membantu putri-putrinya untuk dapat menemukan jati dirinya yaitu mengenal karakter pribadi, mengenal bakat dan kemampuannya. Selain itu nara sumber juga menyampaikan pentingnya orang tua mengenal kecerdasan majemuk seperti kecerdasan matematik, kecedasan linguistik, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, keceedasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan natural.
Kegiatan diskusi dan tanya jawab yang diadakan setelah pemaparan materi berjalan dengan penuh antusias dari orang tua, menanggapi permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama pencarian, pengembangan bakat anak. Pembicara menyampaikan tips untuk orang tua dalam menghadapi potensi anak era milenial di akhir sesi.

Develop_Your_Childs_Potential.png
 

WhatsApp Image 2021 07 22 at 150829

boost the values reap the success