| |

Lewati Tantangan Tiap Babak dan Berhasil Menjadi Juara di Ajang LEOxLIMIT

Halo teman teman semuanya...,saya William Steven Wijaya dari SMP Kristen Petra 3 kelas VIII-10. Beberapa waktu yang lalu, saya bersama beberapa teman lain mewakili sekolah untuk mengikuti LEOxLIMIT 2K21 yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 15 Surabaya .Peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari seluruh Indonesia lhoo! Kegiatannya sendiri berlangsung pada tanggal 27 Februari 2021 lalu. Kami melalui setiap babak mulai penyisihan hingga babak semifinal dan  finalnya digelar tanggal 6 Maret 2021. Mengingat masih dimasa pandemic covid-19, maka semua kegiatan lomba ini dilaksanakan secara online.

Dokumentasi William P3 1

Pada babak penyisihan kami diminta mengerjakan soal sebanyak 60 pertanyaan pilihan ganda dengan tingkat kesulitan yang beda-beda. Mulai tingkat yang easy, medium,dan juga ada yang hard. Setiap tingkatan memiliki nilai yang berbeda beda.Saya pun mengerjakan soal tersebut dengan semangat dan juga teliti. Setelah babak penyisihan, diumumkanlah para peserta yang masuk ke babak selanjutnya yaitu babak perempat final. Puji Tuhan saya masuk ke babak perempat final. Setelah selesai diumumkan, saya pun bersiap siap untuk mengikuti babak perempat final.

Dokumentasi William P3 2

Pada babak perempat final ini saya diminta untuk mengerjakan 30 soal pilihan ganda dalam waktu 40 menit,sungguh cepat bukan??? Pada babak ini, saya sedikit terburu-buru untuk mengerjakannya, karena waktu yang diberikan sedikit namun soalnya cukup memeras otak. Saya bersyukur karena saya dapat melaju kembali ke babak semifinal. Di babak ini saya merasakan sesuatu yang berbeda dengan babak sebelumnya. Pertama saya masuk ke zoom kemudian dipindah dari pos 1 hingga ke pos 3 yang masing masing pos terdapat soal-soal yang harus kita kerjakan,ada yang memakai kahoot,ada yang memakai google form,dan juga ada yang memakai jotform. Wah..ini pengalaman yang sangat seru bagi saya karena tiap peserta berlomba-lomba untuk mengumpulkan poin dari masing masing pos agar dapat melaju ke babak final. Pengumuman babak semifinal ini ternyata tidak diumumkan saat itu juga, namun diumumkan keesokan harinya yakni 28 Februari 2021 melalui grup WA.

Hasilnya sungguh membuat saya sangat senang karena saya berhasil masuk ke babak final dengan total poin 5210. Babak final LEOxLIMIT 2K21 adalah babak presentasi yang diadakan pada tanggal 6 Maret 2021, sehingga selama satu minggu saya mempersiapkan materi yang akan saya sampaikan. Hari yang dinanti pun tiba, saya mempresentasikan apa yang sudah dipersiapkan. Saya pun melakukan presentasi dengan baik dan lancar di hadapan para juri. Setelah babak final selesai,diumumkanlah siapa saja yang menjadi juara dimulai dari pengumuman juara III, II dan I.

Pada saat juara 3 dan 2 telah diumumkan dan nama saya tak kunjung disebut juga, sebenarnya sempat merasa sedikit kurang percaya diri. Namun Tuhan berkata lain dan Puji Tuhan saya meraih juara pertama LEOxLIMIT untuk bidang matematika. Selain saya yang meraih juara pada lomba ini, teman saya,Timothy William Koesasih juga berhasil meraih juara kedua. Saya sangat berterima kasih kepada keluarga,teman-teman,dan bapak ibu guru yang telah mendukung saya sehingga mampu meraih juara dalam lomba ini. Meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti ini kita tidak boleh patah semangat untuk berprestasi.

Oleh. William Steven Wijaya VIII-10

boost the values reap the success